Tepat pada hari ini, 75 tahun berjalan sejak kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus 1945, menjadi tanggal yang penuh akan kenangan dibenak seluruh rakyat Indonesia, tanggal yang penuh akan perjuangan, rasa syukur, dan rasa bangga.
Setiap tahunnya, rakyat Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaan ini dengan meriah dan penuh sukacita. Namun ditahun 2020 ini,
perayaan kemerdekaan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya berkaitan dengan pandemi COVID-19 yang sedang dihadapi oleh dunia.

Perayaan kemerdekaan di SMA Perguruan Buddhi diperingati sesederhana mungkin dan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. SMA Perguruan Buddhi mengadakan beberapa lomba bertema kemerdekaan secara online/daring yang pastinya seru banget.
Lomba yang diadakan berupa menggambar karikatur, desain poster, berpidato, dan quizziz. Hasil karya siswa juga sudah dibagikan melalui akun media sosial SMA Perguruan Buddhi lho.
Meskipun perayaan diperingati dengan sesederhana mungkin tetapi bukan berarti dapat menjadi alasan untuk kita mengurangi rasa nasionalisme dan patriotisme akan bangsa ini ya.
Justru disaat seperti ini kita harus menunjukkan bahwa negara Indonesia merupakan negara yang cukup kuat untuk tetap berdiri mempertahankan kemerdekaannya.
Jangan biarkan pandemi ini mematahkan semangat nasionalisme dan patriotisme dalam diri kita. Pandemi COVID-19 bukanlah penghalang kita, melainkan pemacu negara Indonesia untuk menjadi negara yang maju.
Tidak lupa juga, kita harus selalu senantiasa mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang demi bangsa Indonesia.

Oleh Jovan Novianto Sumanta